Senin, 07 November 2016

Acrylamide Pada Makanan Dapat Menyebabkan Kanker

Posted by Unknown on Senin, 07 November 2016

Acrylamide dikategorikan sebagai “extremely hazardous substance” dan diketahui dapat menyebabkan kanker. Perlu anda ketahui bahwa senyawa kimia ini mudah terdapat pada bahan makanan yang berpati yang diproses dengan suhu tinggi, umumnya diatas 120°C dengan kelembaban yang rendah.

Bahan makanan ini, misalnya, potato chips, kopi, krispi dan soft bread. Mengingat bahan tersebut mudah didapatkan, maka perlu untuk mewaspadai potensi bahayanya bagi kesehatan. Bahkan, informasi terbaru dari EFSA uni Eropa, senyawa ini menyebabkan karsinogen dan genotoxic.

US FDA memberi penjelasan tentang senyawa ini. Menurut informasi yang diperoleh dari situs mereka, Acrylamide adalah senyawa kimia yang dapat terbentuk pada beberapa makanan selama proses memasak suhu tinggi, seperti menggoreng, memanggang, dan baking. Akrilamida dalam bentuk makanan dari gula dan asam amino yang secara alami ada dalam makanan; itu tidak datang dari kemasan makanan atau lingkungan.

Di Indonesia, belum ada aturan yang mengatur tentang batas maksimum yang diperbolehkan dalam makanan, seklaipun dibeberapa negera telah diatur dengan ketat. Sebagai contoh, di Uni Eropa ditetapkan sebesar 0,5 μg/L (ppb).

Oleh karena itu, kedepannya diharapkan untuk segera membuat aturan batas maksimum melalui perundang-undangan yang berhubungan dengan pangan untk meningkatkan perlindungan publik.

Referensi:
http://www.fda.gov/Food/FoodborneIllnessContaminants/ChemicalContaminants/ucm053569.htm
https://www.efsa.europa.eu/en/efsajournal/pub/4104
https://www.efsa.europa.eu/en/topics/topic/acrylamide


Newest
You are reading the newest post